Sabtu, 31 Januari 2015

Aneka Macam Sticker

Aneka Macam Sticker

Stiker, kata yang sangat familiar untuk orang awam sekalipun.
Tetapi untuk jenis-jenisnya, masih banyak sekali yang belum mengetahui bahwa stiker sangat banyak jenisnya, dilihat dari kegunaan, merk dan kualitasnya.
Kami akan mengulas beberapa macam stiker yang sering digunakan dalam dunia percetakan/reklame.

Stiker Vinyl

Banyak digunakan untuk media printing yang menggunakan tinta solvent based, media sablon dan bahan cutting sticker. Juga dipakai untuk pelapis pada kendaraan (biasanya pada motor)
Ada banyak merk untuk jenis stiker ini.
Untuk media printing, sticker ini berwarna dasar putih, banyak digunakan stiker merk Ritrama, Orajet, dan stiker polos (banyak yang menyebutnya stiker china). Masing-masing memiliki gramatur dan kualitas daya rekat yang berbeda.
Untuk media sablon, stiker berwarna dasar putih, atau warna-warna terang.
Sedangkan untuk bahan cutting sticker,
hampir semua jenis sticker vynil bisa digunakan.
Tetapi ada jenis stiker vinyl yang khusus untuk bahan cutting sticker, dengan dengan bermacam merk dan ratusan macam warna. Stiker yang biasa digunakan untuk cutting stiker antara lain 3M, Oracal, dll.

Sticker Scotlite

Adalah sticker yang banyak digunakan untuk bahan cutting sticker.
stiker ini akan memantulkan cahaya bila terkena sinar lampu.hati-hati jika menempelkannya, karena jika sudah merekat, akan sangat sulit melepaskannya. kalaupen lepas, sticker akan rusak. bahkan jika dalam jangka waktu lama, bisa merusak permukaan yang ditempel saat melepasnya.

Stiker Block Out

Sebenarnya termasuk dalam jenis stiker vinyl, tetapi lebih spesifik. Stiker ini memiliki permukaan putih, tetapi di bagian belakang (yang berperekat) berwarna abu-abu dan atau hitam.
 Digunakan untuk menutup bidang yang mungkin tembus cahaya dari belakang (akrilik, kaca dan sejenisnya), sehingga permukaan yang di print terlihat jelas dan tidak terganggu cahaya dari arah belakang.

Sticker One Way Vision

Sticker untuk media printing dengan permukaan berlubang kecil-kecil dan rapat, sisi belakang berwarna hitam. Digunakan untuk melapisi kaca supaya tidak terlihat dari luar ke arah dalam, tetapi dari arah dalam tetap bisa melihat keluar.
Stiker ini banyak diaplikasi untuk kaca depan kantor / rukan, dan pada kaca belakang atau kaca samping pada mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.